8 Aplikasi Perekam Layar Laptop Windows/MacOS Fitur Lengkap

Indonesiamembangun.id – Merekam aktivitas yang terjadi di layar laptop atau PC merupakan kebutuhan bagi banyak orang. Biasanya, pengguna laptop yang memerlukan aplikasi perekam layar laptop adalah para YouTuber yang ingin membagikan video tutorial cara menggunakan suatu fitur di laptop dan para pemain game.

Aplikasi untuk merekam layar merupakan salah satu aplikasi yang fungsinya cukup penting. Merekam video tutorial, video presentasi, game, dan keperluan yang lainnya akan jauh lebih mudah serta praktis berkat aplikasi yang satu ini. Untungnya, ada banyak aplikasi semacam itu yang tersedia di internet.

Jika screen recorder sudah terpasang sebagai fitur bawaan smartphone, screen recorder untuk PC atau laptop merupakan aplikasi tambahan yang wajib diunduh terlebih dahulu oleh pemilik laptop. Rekomendasi aplikasi screen recorder terbaru untuk laptop bisa kamu dapatkan di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Perekam Layar Laptop 2022

Pilihan aplikasi untuk merekam layar sangat bervariasi. Ada yang bisa langsung digunakan setelah diunduh secara gratis. Tapi ada juga yang mengharuskan calon pengguna untuk membeli aplikasinya terlebih dahulu. Diantara sekian banyak pilihan yang ada, berikut ini adalah yang terbaik dan terbaru:

1. VideoProc

VideoProc

Merupakan aplikasi screen recorder untuk laptop yang bisa digunakan di Mac maupun Windows. Aplikasi ini tidak menentukan batasan durasi sehingga kamu boleh merekam layar selama apapun. VideoProc sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai kesempatan dan untuk berbagai keperluan.

Kamu bisa menggunakannya untuk merekam meeting online, webinar, live streaming, video YouTube, Skype, dan berbagai kesempatan lainnya. VideoProc membutuhkan performa CPU yang sangat rendah berkat penggunaan teknologi akselerasi pada GPUnya. Unduh VideoProc dari link dibawah ini.

Nama Aplikasi VideoProc
Sistem Operasi Mac dan Windows
GPU Intel HD Graphics minimal 2000
CPU Prosesor AMD atau Intel 1 GHz
RAM Minimal 1 GB RAM
Memory Diperlukan minimal 200 MB ruang di harddisk
Harga Aplikasi Gratis tanpa pembelian atau biaya langganan apapun
Link Download Di sini

Ada beberapa kelebihan yang dibawa oleh aplikasi perekam layar laptop yang pertama ini. Keunggulan utamanya adalah kualitas pengambilan videonya yang stabil. Kelebihan lainnya adalah penggunaan CPU yang rendah sehingga tidak akan membebani laptop milikmu saat aplikasi berjalan.

Berbagai fitur premium di dalam aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Misalnya ada green screen yang memungkinkan kamu untuk mengganti background sesuai dengan keinginan. kamu juga bisa menambahkan subtitle, catatan, efek visual dan audio pada hasil perekaman layar dengan VideoProc.

2. HitPaw

HitPaw

Berikutnya ada HitPaw Screen Recorder. Kalau kamu sedang mencari aplikasi screen recorder yang ramah pengguna, HitPaw merupakan pilihan terbaik. Interfacenya sangat praktis dan sederhana sehingga kamu bisa mengoperasikan semua fitur dan alat di dalamnya dengan sangat mudah.

Di dalam aplikasi HitPaw juga tersedia banyak sekali fitur menarik yang siap digunakan dalam berbagai kesempatan, seperti saat webinar, live meeting, maupun presentasi. Salah satu fitur keren dalam aplikasi ini adalah zoom recording yang memungkinkan kamu untuk memilih bagian yang direkam.

Nama Aplikasi HitPaw Screen Recorder
Sistem Operasi Minimal Windows 7 versi 64 bit atau yang lebih tinggi dengan versi 64 bit
GPU Virtual RAM 1 GB
CPU Prosesor AMD atau Intel
RAM Minimal 1 GB RAM
Memory Diperlukan minimal 4 GB ruang di harddisk
Harga Aplikasi Mulai dari 10 dollar per bulan
Link Download Di sini

Tidak seperti aplikasi perekam layar laptop yang sebelumnya, HitPaw tidak tersedia secara gratis. Ada tiga pilihan paket yang bisa kamu pilih. Salah satunya adalah paket bulanan yang harganya mulai dari 10 dollar. Kemudian ada paket per tahun seharga mulai dari 30 dollar untuk pemakaian satu tahun.

Dan yang terakhir ada paket lifetime atau seumur hidup dengan harga 50 dollar saja. HitPaw membawa beberapa kelebihan. Salah satunya adalah penyesuaian resolusi rekam layar yang bisa kamu ubah sesuka hati. Pilih resolusi video yang lebih rendah atau kecil kalau penyimpanan laptop sudah menipis.

3. OBS Studio

OBS-Studio

Pilihan lain yang tersedia adalah Open Broadcaster Software atau OBS Studio. Aplikasi yang satu ini memungkinkan kamu untuk merekam layar laptop dengan hasil yang lebih maksimal karena tidak dihiasi oleh watermark. OBS Studio bersifat multiplatform dan open source. Apa artinya ini?

Artinya, pengguna OBS Studio bisa memasang aplikasi ini di Linux atau GNU, OSX, serta Windows. Antarmuka aplikasi ini sangat sederhana meskipun fitur yang ada di dalamnya sangat bervariasi. Untuk bisa menikmati semua fiturnya, download aplikasi OBS Studio langsung dari link berikut.

Nama Aplikasi OBS Studio
Sistem Operasi Linux, Max, dan Windows
GPU Graphics card dengan DirectX 10
CPU Prosesor AMD FX series atau Intel i5 2000 series dual core processor
RAM Minimal 4 GB RAM
Memory Diperlukan minimal 2 GB ruang di harddisk
Harga Aplikasi Gratis tanpa pembelian atau biaya langganan apapun
Link Download Windows

MacOS

Linux

Banyak sekali kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi perekam layar laptop yang sangat populer ini. Misalnya, hasil kualitas perekaman layar bisa mencapai HD untuk format FLV dan MP4. Kemudian kamu bisa menggunakan OBS untuk melakukan streaming di Twitch, YouTube, atau platform lain.

Fitur di dalam aplikasi OBS Studio terbilang sangat lengkap. Aplikasi OBS Studio bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satu fitur kerennya adalah pengatur suara yang ada dalam video. Kamu bisa memilih untuk menggunakan suara eksternal maupun internal laptop saat melakukan rekam layar.

4. TinyTake

TinyTake

Rekomendasi aplikasi gratis lain yang bisa dipakai untuk merekam layar laptop adalah TinyTake buatan MangoApps. Aplikasi ini bisa diunduh gratis, lengkap dengan banyak fitur yang tidak hanya menarik tapi juga bermanfaat. Ada pilihan untuk merekam sebagian layar laptop saja atau seluruh layar laptop.

Kamu juga bisa menggunakan fitur zoom out dan zoom in, fitur anotasi, serta berbagai fitur lainnya. Sayangnya, TinyTake versi gratis hanya bisa digunakan untuk melakukan perekaman layar selama maksimal 5 menit saja. Versi berbayarnya bisa digunakan untuk merekam layar sampai 120 menit.

Nama Aplikasi TinyTake
Sistem Operasi Minimal Windows 7 atau yang lebih tinggi, baik versi 32 bit maupun 64 bit

Minimal Mac OS X 10.13 atau yang lebih tinggi

CPU Prosesor AMD atau Intel dual core processor
RAM Minimal 4 GB RAM
Harga Aplikasi Gratis dengan pembelian untuk upgrade akun
Link Download Windows

MacOS

Tampilan TinyTake yang sangat sederhana memudahkan para penggunanya untuk mengoperasikan seluruh fitur serta alat yang ada dalam aplikasi ini. Pengaturan perekaman layar yang tersedia di TinyTake juga sangat mudah dipahami bahkan oleh para pengguna laptop yang masih pemula.

Tapi dibandingkan dengan aplikasi perekam layar laptop yang lainnya, TinyTake mempunyai fitur pengaturan untuk audio yang masih kurang canggih. Selain itu, fitur yang dibawa oleh versi gratisnya masih sangat terbatas. Pengguna wajib memakai versi berbayar untuk menikmati seluruh fitur.

5. ShareX

ShareX

Seperti OBS Studio, ShareX merupakan aplikasi khusus untuk merekam layar yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk merekam aktivitas layar tanpa mendapatkan watermark. ShareX juga menawarkan banyak sekali fitur yang mendukung fitur utamanya. Ada fitur anotasi serta berbagai mode perekaman.

Aplikasi yang sifatnya open source ini bisa digunakan di Windows 10 dan memungkinkan setiap penggunanya untuk merekam aktivitas layar laptop tanpa adanya batasan durasi. Pengguna juga bisa menyimpan perekaman layar dalam format khusus, yaitu GIF. Unduh ShareX dari link di bawah ini,

Nama Aplikasi ShareX
Sistem Operasi Minimal Windows 7 atau yang lebih tinggi, baik versi 32 bit maupun 64 bit
GPU NVIDIA GeForce 510
CPU Intel Core 2 Duo E8400
RAM Minimal 1 GB RAM
Memory Diperlukan minimal 150 MB ruang di harddisk
Harga Aplikasi Gratis tanpa pembelian atau biaya langganan apapun
Link Download Di sini

Meskipun kamu bisa memperoleh aplikasi ShareX ini secara gratis, pengalaman merekam layar dengan aplikasi ini tetap sangat menyenangkan. Tidak ada iklan yang mengganggu penggunaan. Ukuran aplikasi sangat kecil dan bisa beroperasi dengan sangat ringan tanpa membebani laptopmu.

Kamu juga bisa langsung membagikan semua video hasil perekaman layar dengan praktis ke orang lain. Perekaman layar dengan aplikasi ShareX bisa dilakukan untuk menangkap area tertentu saja atau seluruh area layar. Tambahkan watermark milikmu sendiri agar hasilnya jadi lebih profesional.

6. Bandicam

Bandicam

Bandicam Screen Recorder juga termasuk salah satu aplikasi perekam layar laptop yang sangat terkenal. Aplikasi ini bisa dipakai untuk merekam dalam bitrate serta frame rate yang tinggi. Kamu juga bisa memakai aplikasi Bandicam untuk merekam video yang kualitasnya UltraHD 4K.

Dengan kualitas video yang tinggi, bukan berarti hasil rekaman yang diperoleh dari Bandicam akan sangat besar. Ukuran hasil rekaman Bandicam lebih kecil kalau dibandingkan dengan video hasil perekaman memakai aplikasi yang lainnya. Tapi versi gratis Bandicam membawa watermark.

Nama Aplikasi Bandicam Screen Recorder
Sistem Operasi Minimal Windows XP atau yang lebih tinggi, baik versi 32 bit maupun 64 bit
GPU Kartu grafis dengan DirectX9
CPU Prosesor dual core Intel atau AMD
RAM Minimal 1 GB RAM
Memory Diperlukan minimal 10 GB ruang di harddisk
Harga Aplikasi Gratis dengan pembelian untuk upgrade versi atau akun
Link Download Di sini

Seperti beberapa aplikasi yang disebutkan sebelumnya, Bandicam memungkinkan kamu untuk merekam sebagian layar laptop atau keseluruhan layar. Pengguna Bandicam juga bisa menggambar di video ketika perekaman sedang berlangsung. Penambahan overlay webcam juga bisa dilakukan.

Dengan begitu, kamu bisa merekam video diri sendiri saat rekam layar sedang berlangsung. Fitur tambahan yang menarik dari Bandicam adalah pencampuran suara pengguna ke dalam video rekaman layar. Banyak fitur lain yang bisa kamu nikmati setelah mengupgrade akun ke versi premium.

7. Camtasia

Camtasia

Bagi para pemilik laptop yang membutuhkan aplikasi perekam layar laptop yang ukurannya sangat ringan, Camtasia merupakan pilihan terbaik. Software dari TechSmith ini sudah dikenal luas sebagai aplikasi lengkap yang menyediakan screen recorder dan video editor hanya dalam satu aplikasi saja.

Fasilitas rekam layar yang tersedia di aplikasi ini hadir dalam berbagai mode yang bisa dipilih dengan leluasa. Ada mode entire screen untuk merekam seluruh bagian layar dan specific dimensions untuk merekam bagian tertentu saja. Dan ada juga mode an application untuk merekam salah satu aplikasi.

Nama Aplikasi Camtasia
Sistem Operasi Windows: Minimal Windows 10 atau yang lebih tinggi, versi 64 bit

MacOS: Minimal MacOS versi 10.13 atau versi lain yang lebih tinggi

GPU NVIDIA GeForce 10 atau yang lebih tinggi
CPU Untuk Windows: prosesor Intel Core i3 generasi ke-6 2.8 GHz

Dan prosesor AMD Ryzen generasi pertama 2.8

Untuk MacOS: prosesor Intel Core i5

RAM Minimal 8 GB RAM untuk Windows

Minimal 4 GB RAM untuk MacOS

Memory Diperlukan minimal 4 GB ruang di harddisk
Harga Aplikasi Gratis dengan pembelian untuk upgrade versi atau akun
Link Download Windows

MacOS

Kalau kamu suka membuat berbagai video yang menarik serta berkualitas, Camtasia menawarkan preset serta template dalam jumlah banyak yang sangat cocok untuk semua kebutuhanmu. Antarmuka pengeditan aplikasi ini juga sangat mudah, hanya dengan menggunakan sistem drag and drop saja.

Bahkan pengguna yang masih awam dengan aplikasi pengeditan video bisa tetap membuat berbagai konten tanpa menemui hambatan secara teknis. Pengguna Camtasia juga bisa menambahkan banyak efek seperti highlight, panah, serta kursor sehingga penonton bisa memahami video tutorial tersebut.

8. Icecream

Icecream

Icecream Screen Recorder merupakan rekomendasi alat perekam layar yang sangat fleksibel. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memasangnya di laptop maupun ponsel. Tersedia aplikasi khusus untuk perangkat Mac, Windows, dan Android. Aplikasi rekam layar Icecream bisa didapatkan secara gratis.

Dengan aplikasi perekam layar laptop Icecream, Anda bisa melakukan perekaman layar di berbagai game dan aplikasi. Merekam live streaming, panggilan Skype, webinar, serta tutorial video bisa dilakukan dengan sangat praktis berkat semua fitur menarik yang ada di dalam aplikasi Icecream ini.

Nama Aplikasi Icecream Screen Recorder
Sistem Operasi Windows: Minimal Windows Vista atau yang lebih tinggi

MacOS: Minimal Mac OS versi 10.9 atau versi lain yang lebih tinggi Android: Minimal Android versi 5.1 atau versi lain yang lebih tinggi

GPU Kartu video dengan resolusi minimal 1024×768
CPU Prosesor AMD, Intel, atau prosesor yang lain, yang kompatibel dengan CPU berkecepatan 2,66 GHz
RAM Minimal 2 GB RAM
Memory Diperlukan minimal 5 GB ruang di harddisk
Harga Aplikasi Gratis dengan pembelian untuk upgrade versi atau akun
Link Download Windows dan MacOS

Android

Di dalam aplikasi Icecream ada sebuah fitur yang bernama clipboard. Fitur ini merupakan bagian yang sangat penting dalam aplikasi. Kamu bisa menyimpan screenshot yang telah diambil ke dalam clipboard kemudian mengirimkan screenshot tersebut secara instan melalui Skype maupun email.

Seperti berbagai aplikasi lain yang digunakan untuk merekam layar, Icecream akan memberikan lebih banyak fitur kalau kamu sudah melakukan upgrade akun ke versi berbayar. Meskipun tidak melakukan upgrade akun, kamu bisa menikmati beberapa fiturnya secara gratis di laptop maupun ponsel Android.

Saat akan mengunduh aplikasi perekam layar laptop, kamu harus memilih antara aplikasi gratis dan aplikasi berbayar. Sebelum memutuskan, cari tahu dulu berbagai rekomendasi yang tersedia. Kemudian pilih salah satu yang fiturnya paling lengkap dan paling sesuai dengan kebutuhanmu.

 

Lihat Juga :

Originally posted 2022-11-15 01:18:20.